Selasa, 30 Oktober 2018

Cara Merawat Wajah Secara Alami yang Bisa Anda Lakukan Sehari Hari

Cara Merawat Wajah Secara Alami - Perawatan Tradisional
Banyak wanita mencari cara merawat wajah secara alami sehari-hari. Metode ini memang memiliki beberapa kelebihan dibandingkan membeli produk pabrikan atau melakukan perawatan di salon. Namun,......
cara merawat wajah secara alami bisa sedikit membingungkan bagi anda yang belum terbiasa. Untuk itu sudah kami siapkan panduannya berikut ini
Persiapan Sebelum Mulai Perawatan
Sebelum memulai cara merawat wajah secara alami sehari-hari, ada baiknya Anda melakukan hal-hal berikut ini. Sehingga, Anda tak salah mengambil langkah dan menyesal di kemudian hari.

1. Tentukan Jenis Kulit

Tentukan dulu jenis kulit Anda sebelum memulai perawatan. Pasalnya, masing-masing jenis kulit mungkin membutuhkan perawatan berbeda satu sama lain.
Cara merawat wajah kering misalnya, akan berbeda dengan pemilik kulit berminyak. Kalau Anda memaksakan diri menggunakan metode yang tidak cocok, mungkin akan menimbulkan masalah baru.
Secara umum, jenis kulit sendiri dibagi sebagai berikut:
  • Berminyak: Wajah tampak berkilau dan basah namun bukan karena keringat. Jenis ini biasanya rentan ditumbuhi jerawat dan komedo. Pori-pori juga tampak membesar.
  • Kering: Kulit terlihat kusam dan kadang mengelupas, juga sering terasa gatal dan kencang. Jenis ini umumnya lebih rentan terhadap tanda penuaan seiring dengan bertambahnya usia.
  • Kombinasi: Di beberapa bagian wajah seperti dahi, hidung, dan dagu biasanya berminyak. Namun daerah lain seperti pipi dan mata justru cenderung kering.
  • Normal: Kadar minyak bisa dibilang seimbang, tidak terlalu banyak tapi juga tidak terlalu sedikit.
  • Sensitif: Kulit mudah bereaksi terhadap rangsangan luar seperti kosmetik dan cuaca.

2. Ketahui Bahan yang Cocok & Tidak Cocok untuk Anda

Cara Merawat Wajah Secara Alami - Minyak Zaitun dan Tomat
Setelah mengetahui jenis kulit yang Anda miliki, barulah kita bisa menentukan bahan apa saja yang kira-kira cocok atau tidak untuk dipakai. Pemilik kadar minyak normal biasanya tidak memiliki terlalu banyak keluhan dan lebih fleksibel dalam memilih.
Pemilik kulit kering umumnya dianjurkan memakai bahan yang mengandung minyak alami dan mampu melembabkan. Misalnya saja minyak zaitun, minyak kelapa, minyak almond, alpukat, madu, dan lidah buaya.
Sementara itu, kulit berminyak disarankan menggunakan bahan yang dapat menyerap kelebihan minyak dan membersihkan pori. Di antaranya ada oat, tomat, mentimun, dll.
Untuk yang kulitnya kombinasi bisa menyesuaikan dengan area wajah yang ingin dirawat atau memilih bahan yang netral. Sementara itu, Anda yang sensitif perlu berhati-hati karena mungkin ada banyak bahan yang dapat memicu reaksi alergi.
Kalau memang ingin mencoba cara merawat wajah secara alami, tes dulu di kulit selain wajah seperti belakang telinga atau tangan untuk memastikan tidak ada reaksi alergi yang timbul.

3. Masalah yang Ingin Ditangani

Selain mengetahui bahan apa saja yang cocok dipakai atau tidak, tentukan juga masalah yang ingin Anda tangani. Apakah ingin menghilangkan jerawat, menyamarkan bekas jerawat, memutihkan muka, mencegah tanda penuaan, atau masalah lainnya?
Kalau ingin mencegah tanda penuaan, Anda dapat memilih bahan alami yang kaya antioksidan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Bahan yang mampu melembabkan juga baik untuk menjaga elastisitas kulit.
Cara menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan wajah hampir mirip. Biasanya fokus ke bahan yang dapat mengangkat sel kulit mati dan kaya akan vitamin C.
Sementara itu, Anda yang ingin menghilangkan jerawat sebaiknya menghindari bahan bertekstur agak kasar. Carilah yang mengandung senyawa anti inflamasi sehingga bisa membantu meredakan peradangan pada jerawat.

Cara Merawat Wajah Secara Alami Sehari Hari

Sekarang, saatnya masuk ke cara merawat wajah secara alami yang bisa dilakukan sehari-hari. Secara umum, tahapan yang perlu Anda lakukan hampir mirip dengan cara perawatan wajah sehari-hari lainnya.
Yakni membersihkan muka lalu diikuti dengan memakai toner dan pelembab. Selain itu, ada juga pemakaian masker dan eksfoliasi secara berkala.
Langkah-langkah ini juga bisa dijadikan cara perawatan wajah pria kalau Anda ingin mengajak suami merawat kulit bersama. Pasti akan lebih romantis dan menambah kemesraan rumah tangga.

1. Membersihkan Muka

Cara Merawat Wajah Secara Alami - Membersihkan Wajah
Apapun jenis kulit Anda, jangan lupa untuk membersihkan muka di pagi dan malam hari menjelang tidur. Meninggalkan residu di wajah dapat menyumbat asupan oksigen ke wajah.
Akibatnya, regenerasi sel tidak bisa berjalan dengan baik. Kulit pun jadi mudah terlihat tua dan tidak segar lagi. Ditambah lagi, kalau sampai bercampur dengan minyak dan menyumbat pori, bisa menjadi penyebab jerawat.
Kalau pembersih wajah sedang habis, Anda bisa menggunakan cara merawat wajah secara alami yang tak kalah efektif. Misalnya dengan menggunakan bahan-bahan di bawah ini.

a. Minyak Zaitun

Minyak alami pada zaitun dapat mengangkat sisa make up dan kelebihan minyak di wajah. Di dalamnya juga terdapat senyawa anti inflamasi yang dapat membantu meredakan jerawat. Ada juga antioksidan yang mampu mencegah penuaan dini.
Hanya saja, teksturnya mungkin agak kental dan berat untuk membersihkan muka berminyak. Meski ada yang cocok menggunakannya, ada pula yang mengalami iritasi dan timbul jerawat-jerawat kecil.
Untuk lebih amannya, gunakan metode ini jika kulit Anda termasuk kering atau normal. Karena, di dalamnya terdapat pelembab alami yang dapat mempertahankan hidrasi kulit. Cara memakainya:
  • Tuang minyak secukupnya ke kapas dan usapkan ke wajah dengan gerakan melingkar.
  • Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air hangat kuku.

2. Toner

Penggunaan toner bermanfaat untuk mengangkat residu make up dan kotoran yang masih tertinggal di proses pembersihkan. Selain itu, toner juga dapat membantu menyeimbangkan kadar minyak dan menetralisir peradangan.
Akan tetapi, penggunaannya secara berlebihan bisa meningkatkan dehidrasi. Untuk pemilik kulit kering dan sensitif, lebih baik memakainya 1 kali saja dalam sehari, yakni sebelum tidur. Sedangkan yang lainnya bisa memakainya di pagi dan malam hari.
Anda bisa membuat toner sendiri dengan cuka apel sebagai perawatan wajah tradisional. Cuka apel dapat menetralkan pH kulit dan mencegah pori-pori tersumbat. Caranya:
  • Campurkan 1 sdm cuka apel dengan 2 sdm air ke dalam botol kecil, kocok hingga merata.
  • Tuangkan ke kapas dan oleskan ke wajah dengan gerakan melingkar.

3. Pelembab

Cara Merawat Wajah Secara Alami - Pelembab Alami
Pemakaian pelembab penting agar kulit tetap terjaga kekenyalan dan keremajaannya. Tak hanya untuk kulit kering, pemilik wajah berminyak pun tetap perlu menggunakannya. Hanya saja, bahan pembuatannya mungkin perlu dibedakan.

a. Minyak Zaitun & Susu Segar

Untuk wajah kering, kamu bisa membuat pelembab dari minyak zaitun dan susu segar. Minyak zaitun sangat baik digunakan untuk melembabkan kulit. Sedangkan kalsium di dalam susu dapat membantu mempercepat regenerasi sel. Cara membuatnya:
  • Ambil 2 – 3 sdm minyak zaitun dan masukkan ke dalam mangkuk.
  • Tuangkan susu segar secukupnya, aduk hingga merata dan mengental.
  • Masukkan ke dalam kulkas.
  • Pelembab bisa digunakan sebagai perawatan wajah secara alami sebelum tidur atau sebelum memakai make up di pagi hari.
b. Air Mawar & Lidah Buaya Bagi yang wajahnya berminyak atau kombinasi, bisa menggunakan air mawar dan lidah buaya. Keduanya mampu melembabkan kulit tanpa membuatnya semakin berminyak.
Air mawar juga baik untuk kulit sensitif karena ada senyawa antioksidan dan anti inflamasi di dalamnya. Bahan ini juga memiliki efek menyejukkan sehingga cocok untuk kulit yang sensitif terhadap sinar matahari.
Akan tetapi, lidah buaya mungkin tidak terlalu cocok untuk sebagian kulit sensitif karena dapat menimbulkan gatal. Kalau Anda mengalami hal ini, mungkin bisa mengganti lidah buaya dengan madu atau bahan lain yang lebih sesuai. Cara meraciknya:
  • Rebus beberapa kelopak bunga mawar dan saring airnya.
  • Kupas lidah buaya dan ambil gelnya, hancurkan.
  • Campur dengan air mawar secukupnya, aduk hingga merata dan mengental.
  • Masukkan ke dalam kulkas. Pelembab siap digunakan.

4. Masker

Tiga langkah di atas merupakan cara merawat wajah secara alami yang perlu dilakukan setiap hari. Selain itu, Anda juga bisa membuat sendiri masker dari bahan alami yang dipakai 2 – 3 kali dalam seminggu.
Tips merawat wajah dengan masker buatan sendiri sebenarnya hampir sama. Yakni menyesuaikan bahan pembuatan dengan jenis dan masalah kulit masing-masing.
Kalau ingin melakukan perawatan wajah alami agar putih bersih, Anda dapat memakai masker pemutih dari bengkoang atau beras. Bahan ini juga dapat dipakai untuk merawat wajah secara alami agar tidak kusam.
Sementara itu, bahan yang bersifat melembabkan dan kaya antioksidan bagus dipakai sebagai cara merawat wajah secara alami agar awet muda. Misalnya saja buah-buahan, minyak alami, dan sayur-sayuran.
Cara membuatnya rata-rata hampir sama. Yaitu:
  • Bahan-bahan dicampurkan dan diaduk rata hingga mengental.
  • Oleskan pada wajah dan biarkan selama 10 – 20 menit. Bilas dengan air hangat kuku.
  • Untuk beberapa bahan tunggal seperti tomat atau mentimun bisa langsung diiris tipis dan diletakkan pada wajah.

5. Eksfoliasi

Cara Merawat Wajah Secara Alami - Eksfoliator
Kalau ingin wajah Anda bebas kusam dan terlihat muda, eksfoliasi tak boleh ketinggalan dilakukan. Langkah ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru.
Hanya saja, pemilik kulit kering, sensitif, dan berjerawat sebaiknya tak terlalu sering melakukan eksfoliasi. Cukup sekali dalam seminggu saja. Sementara itu, wajah normal, berminyak, dan kombinasi bisa melakukannya hingga 2 kali dalam seminggu.
Biarpun tujuannya untuk mengangkat sel mati, hindari memilih bahan yang terlalu kasar sebagai scrub. Pasalnya, jaringan parut mikro bisa terbentuk di permukaan wajah meski tidak terlihat secara kasat mata.
Anda dapat menggunakan oat, kopi, gula, atau garam. Gula kalau dirasa terlalu kasar bisa dilembutkan terlebih dahulu. Cara membuat dan menggunakannya:
  • Campurkan bahan scrub dengan madu.
  • Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun.
  • Aduk hingga mengental.
  • Pijatkan pada wajah dengan gerakan melingkar. Tak perlu menggosoknya dengan keras, cukup dengan pijatan halus saja.
  • Biarkan sekitar 10 – 15 menit di wajah, bilas dengan air hangat kuku.

Agar Cara Merawat Wajah Secara Alami Semakin Maksimal

Untuk menunjang cara merawat wajah secara alami di atas, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Jangan lupa untuk merawat tubuh dari dalam. Di antaranya dengan mencukupi kebutuhan air putih harian dan menerapkan diet sehat.
Menghindari stres, tidur yang cukup, rajin berolahraga, dan menerapkan pola hidup sehat lain juga penting untuk dilakukan. Ingat bahwa kesehatan tubuh berkaitan langsung dengan kinerja sel secara keseluruhan, termasuk sel kulit Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar